KOTA WISATA KE VIETNAM

posted Sep 3, 2011, 10:31 AM by Mickey Dong Hoang Thinh   [ updated Oct 1, 2012, 1:55 AM by Team 1 - Dong Travel ]

                                   The Socialist Republic of Vietnam


Quoc ky
Quoc huy
National Anthem

Mainland Territory: 331,211.6 sq. km
Population: 
85,789.6 thousand inhabitants (Apr. 2009)
National Capital: Hanoi

Lying on the eastern part of the Indochinese peninsula, Vietnam is a strip of land shaped like the letter “S”. China borders it to the north, Laos and Cambodia to the west, the East Sea to the east and the Pacific Ocean to the east and south.
The country’s total length from north to south is 1,650km. Its width, stretching from east to west, is 600km at the widest point in the north, 400km in the south, and 50km at the narrowest part, in the centre, in Quang Binh Province. The coastline is 3,260km long and the inland border is 4,510km.

Latitude: 
102º 08' - 109º 28'  east
Longitude:
  8º 02' - 23º 23'  north

Vietnam is also a transport junction from the Indian Ocean to the Pacific Ocean.


Climate: Vietnam lies in the tropics and monsoon (detail)
Topography:
 Three quarters of Vietnam's territory consist of mountains and hills (detail)
Administrative Units: Vietnam is divided into 63 provinces and cities

------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

1. Kota Ho Chi Minh 

Berabad-abad yang lalu, Saigon sudah menjadi pusat komersial yang sibuk. Pedagang dari Cina, Jepang dan banyak negara Eropa akan berlayar ke hulu Sungai Saigon untuk mencapai pulau di Pho, yang merupakan sebuah pusat perdagangan. Pada tahun 1874, Cho Lon bergabung dengan Saigon, membentuk kota terbesar di Indocina. Sudah bertahun-kali dirayakan sebagai Mutiara dari Timur Jauh. Setelah penyatuan kembali negara, ke-6 Majelis Nasional dalam pertemuan 2 Juli 1976, secara resmi telah membaptis ulang Saigon menjadi Ho Chi Minh City. Sejarah kota berhubungan erat dengan perjuangan untuk kemerdekaan dan kebebasan Vietnam

Dewasa ini, Ho Chi Minh City adalah pusat pariwisata besar di Vietnam, menarik banyak pengunjung ke Vietnam. Ho Chi Minh City memiliki berbagai atraksi di Ho Chi Minh Museum, sebelumnya dikenal sebagai Dragon House Wharf, Cu Chi Tunnels, sistem museum, teater, dan budaya rumah. Baru-baru ini, banyak kawasan wisata diinvestasikan seperti Thanh Da, Binh Quoi Village, Bendungan Sen Park, Saigon Water Park, Suoi Tien, dan Ky Hoa, yang menarik banyak wisatawan. Meskipun belum cukup lama, Ho Chi Minh City tetap memiliki berbagai bangunan-bangunan yang indah, menampilkan kombinasi karakteristik Vietnam, Cina, dan budaya Eropa. Ini termasuk Nha Rong (Dragon House Wharf), Quoc Untuk Temple (Kuil Leluhur Nasional), Xa Tay (Kantor Kotamadya), Ho Chi Minh Theater dan juga banyak pagoda dan gereja (Vinh Nghiem, Giac Vien, Giac Lam, Phung Son Pagoda). Setelah lebih dari 300 tahun pembangunan, Ho Chi Minh City menyajikan banyak bangunan arsitektur kuno, sisa-sisa peninggalan masa lalu yang terkenal. Sungguh luar biasa karena kombinasi harmonis nilai-nilai tradisional nasional dengan fitur barat dan utara.

 


2. Kota Dalat 

Dalat merupakan ibukota Provinsi Lam Dong, terletak kira-kira 308km timur laut kota Ho Chi Minh City. Di ketinggian 1.500 m, Dalat seperti sebuah kota perancis kuno. Didirikan pada tahun 1897 ketika Alexandre Yersin Dokter merekomendasikan agar kawasan dikembangkan sebagai kota wisata. Dalat memiliki banyak danau-danau alam dan buatan seperti Ho Xuan Huong, Than Tho, Da Thien, dan Tuyen Lam berbatasan dengan garis-garis pohon pinus, yang merupakan fitur terkenal dari Dalat.Perjalanan ke Dalat tidak lengkap jika belum pergi ke taman bunga Dalat. Suhu dan iklim Dalat cocok untuk bunga-bunga seperti anggrek, mawar, bunga lili, dan bunga camelia. Saat ini, wisatawan tidak hanya membatasi diri untuk Dalat, mereka juga mengunjungi daerah Langbian Highland dan etnis minoritas. Gunung Langbian puncak tertinggi pada 2.165 m sangat menggoda untuk pendaki. Dari puncak Klo Lom Bieng orang dapat melihat gunung hijau abadi mencerminkan perak sinar matahari. Banyak kegiatan wisata yang diselenggarakan di daerah ini, termasuk terjun payung dan mendaki.


3. Nha Trang City

Nha Trang diberkahi oleh alam yang indah, tenang dan perairan hangat sepanjang tahun. Dikelilingi oleh kepulauan, pulau-pulau, pegunungan dan pantai berpasir putih yang indah dan menarik wisatawan. Sebelah utara Nha Trang berdiri Gunung Chong yang terlihat seperti tangan terbuka lebar di atas laut. Jauh di lepas pantai, Pulau Yen muncul dengan warna hijau subur di mana sarang salangane telah dipanen selama bertahun-tahun untuk membuat jamu tradisional “sarang burung” dan makanan. Garis pantai pasir putil sepanjang 7km Nha Trang sering disebut daerah Mediteranian Vietnam, dianggap sebagai salah satu permata Vietnam yang panjang di sepanjang garis pantai yang membentang.

Nha Trang cerah sepanjang tahun, dengan suhu rata-rata 23C akibat angin utara. Curah hujan kurang dari tempat lain di negara dan daerah itu tidak terancam oleh badai karena dilindungi oleh pegunungan Truong Son dan Ca Pass. Nha Trang memiliki banyak spesialisasi. Terutama, sup sarang burung yang sangat terkenal di Nha Trang dan seluruh Vietnam. Karang dasar laut yang megah di Nha Trang membuat ideal untuk scubadiving dan snorkeling. Nha Trang Bay adalah diakui sebagai salah satu dari 29 teluk paling indah di dunia.

 


4. Kota Danang 

Kota Danang terletak di tengah-tengah Vietnam Tengah, antara Hanoi dan Ho Chi Minh City, dipisahkan dari Laos oleh pegunungan Truong Son di barat. Dan dikelilingi oleh Thua Thien-Hue di sepanjang perbatasan utara dan Quang Nam di perbatasan selatan. Danang terletak di zona tropis khas musim hujan, iklim sedang dan iklim yg hampir tdk berubah. Ada dua musim, musim hujan pada bulan Agustus sampai Desember dan musim kemarau dari bulan Januari sampai Juli.. Kelembaban rata-rata 83,4%.

Danang adalah tanah kuno, erat kaitannya dengan budaya Huynh Sa. Banyak tempat yang mengesankan, seperti Istana, menara, kuil, benteng yang sisa-sisa dari 1 hingga 13 yang masih dapat dilihat dalam Cham Museum. Danang memiliki tempat wisata menarik lainnya seperti Ba Na Tourist Resort, Ngu Hanh Son (Marble Mountains) serta Ung Linh Pagoda, Sungai Han, dan My An, dan pantai Non Nuoc yang membentang puluhan kilometer.

 


5. Kota Hue

Hue merupakan salah satu tempat yang memiliki banyak warisan budaya. Sampai sekarang, tidak ada tempat seperti Hue yang memiliki banyak sisa-sisa sejarah seperti dari sebuah Ibu Kota kuno. Di tepi utara Sungai Perfume memiliki peninggalan terdiri dari istana, yang dibangun sebagai benteng pertahanan busur dengan panjang 11km. Konstruksi berharga ini mencakup lebih dari 100 karya-karya arsitektur yang sangat mencerminkan kehidupan Kaisar dan pejabat pemerintahan di bawah Nguyen. Terletak di tengah bukit di tepi selatan Sungai Perfume terdapat makam Raja-raja Nguyen. Di antara makam-makam ini memiliki empat tempat yang terkenal dengan pengaturan makam yang mencerminkan sudut pandang setiap Kaisar, kepribadian dan selera. Ini adalah Gia Long Tomb yang agung, Minh Mang Tomb yang mengesankan, Tu Duc Tomb yang puitis dan Khai Dinh Tomb yang megah.

Hue juga merupakan pusat penting agama Buddha. Dalam Hue dan sekitarnya masih ada puluhan pagoda dibangun lebih 300 tahun yang lalu, dan seratus kuil dan pagoda yang dibangun pada awal abad. Selain itu, Hue adalah tempat di mana kerajaan musik berasal, dan tempat yang terkenal dengan hidangan tradisional dan kerajinan canggih. Sebagai kota di Vietnam yang unik dibawah konstruksi Monarki, Hue telah menjadi museum besar dan berharga. Oleh karena itu, sisa-sisa peninggalan Hue kuno telah diklasifikasikan oleh pemerintah sebagai properti yang sangat berharga dan Hue pada Desember 1993 telah diakui sebagai World Cultural Heritage Site oleh UNESCO.

 


6. Kota Halong 

Halong City, sebelumnya bernama Hon Gai Town, adalah pusat  budaya, ekonomi dan politik dari Provinsi Quang Ninh. Berbatasan oleh Cam Pha di sebelah timur, Hung Yen di sebelah barat, Bo Hoanh di utara dan Halong Bay di selatan dengan garis pantai sepanjang 20km. Kota ini dibagi menjadi dua bagian, yaitu Halong Barat dan halong Timur. Bagian timur merupakan zona industri di mana sebagian besar bangunan resmi provinsi juga terkonsentrasi. Bagian barat, juga disebut Bai Chay, adalah zona pariwisata animasi. Populasi Halong sebagian besar merupakan imigran dari tempat lain dan menetap di sini. Halong Bay yang terkenal secara internasional, dan diakui sebagai World Heritage oleh UNESCO untuk ribuan pulaunya yang alami.


7. Kota Hanoi

Hanoi adalah kota yang terletak di Delta Sungai Merah, di tengah Vietnam Utara. Dibatasi oleh Thai Nguyen, Provinsi Vinh Phuc di utara, Hoa Binh dan Ha Nam di selatan, Bac Giang, provinsi Bac Ninh dan Hung Yen di sebelah timur, Hoa Binh dan Phu Tho ke barat. Hanoi memiliki arti “pedalaman antara sungai-sungai” (Ha: sungai, Noi: interior). Wilayah Hanoi dialiri oleh Sungai Merah (porsi Sungai Merah merangkul Hanoi adalah sekitar 40 kilometer panjangnya) dan anak-anak sungainya, tetapi ada beberapa sungai lainnya yang mengalir melalui ibukota, termasuk Duong, Cau, Ca Lo, Hari, Nhue, Tich, To Lich dan Kim Nguu.

 

Sepanjang ribuan tahun dari kejadian sejarah, ditandai dengan kehancuran, perang dan bencana alam, Hanoi masih memelihara banyak karya arsitektur kuno termasuk Old Quarter dan lebih dari 600 pagoda dan kuil-kuil. Situs terkenal termasuk One Pillar Pagoda (dibangun pada tahun 1049), Kuil Literature (dibangun pada 1070), Benteng Hanoi, Gedung Opera Hanoi, Presiden Ho Chi Minh’s Mausoleum. Hanoi juga khas berisi 18 danau yang indah seperti Hoan Kiem Lake, West Lake, dan Danau Truc Bach, yang merupakan paru-paru kota, dengan taman-taman dan pepohonan sekitarnya menyediakan sumber energi yang vital. Banyak kerajinan tradisional juga dipraktekkan di Hanoi termasuk pencetakan perunggu, ukiran perak, pernis, dan menyulam. Hanoi memiliki banyak kerajianan tradisional terkenal di desa-desa seperti tembikar Bat Trang desa, pengecoran perunggu desa Xa Ngu, SutraYen Thailand

a. Mauseleum Ho Chi Minh

Lokasi: Duong Hung Vuong Road

Di tempat ini jazad Ho Chi Minh, pahlawan sekaligus bekas presiden Vietnam diawetkan dan disimpan dalam sebuah peti kaca. Di dekat tempat ini, terdapat sebuah rumah sederhana yang terbuat dari kayu, tempat di mana Ho Chi Minh pernah tinggal semasa hidupnya. Bahkan ketika terpilih menjadi presiden, ia tetap memilih untuk tinggal di rumah sederhananya daripada pindah ke istana kepresidenan. Saat ini, bekas rumah Ho Chi Minh ini difungsikan sebagai museum.


b. Museum of Ethnography

Lokasi: Van Huyen Street

Ingin tahu lebih dalam tentang budaya Vietnam. Kunjungi museum etnografi yang memiliki beragam koleksi dari lebih dari 50 suku yang tinggal di negara ini.


c. Temple of Literature

Lokasi: Diantara Nguyen Thai Hoc dan Quoc Tu Giam Street

Tempat ini adalah tujuan utama para turis yang berkunjung ke Hanoi. Karena itu, usahakan untuk datang pagi hari (tempat ini buka mulai jam 08.00 pagi) agar terhindar dari antrean panjang.


d. The Municipal Water Puppet Theatre

Lokasi: Danau Hoan Kiem (tel: 84-4-824.9494)

Di tempat ini dipertunjukkan kesenian sejenis wayang kulit yang kita kenal di Indonesia. Uniknya, pertunjukan dilakukan di bawah permukaan air. Penasaran, kan? Try this out!


e. Distrik Ba Dinh

Di tempat ini pada zaman dahulu adalah Imperial Palace, namun banyak diantara bagian-bagian bangunannya yang sudah hancur baik itu disebabkan oleh usia maupun menjadi ‘korban’ pada saat terjadinya perang Vietnam di masa lalu. Namun demikian, sisa-sisa keindahan dari bangunan pagoda, kuil, taman yang luas dan indah serta berbagai monumen penting (yang kebanyakan didedikasikan untuk tokoh komunis Rusia – Lenin dan bapak negara Vietnam – Ho Chi Minh) masih bisa dinikmati di sini.


f.Old Quarter

Lokasi: Utara Danau Hoan Kiem

Disebut juga ’36 street’, sebuah tempat yang mirip jalan tikus seluas hampir 100 hektar, yang pertama kali didirikan pada awal abad ke-13 di mana ada 36 pedagang dan seniman yang memutuskan untuk menjadikan tempat ini sebagai tempat usahanya. Setiap gang yang ada di sini dinamakan sesuai dengan jenis barang dagangan yang dibawa oleh ke-36 orang tersebut. Jadi, Anda bisa menemukan Sugar Street (Hang Duong), Tinsmith Street (Hang Thiec), atau Silk Street (Hang Gai). Di tempat ini pula terdapat Nha Tho Street, daerah yang menjadi pusat bisnis moderen kota Hanoi pada masa kini.


g. Municipal Teather

Lokasi: Trang Tien Street

Dahulu tempat ini dikenal sebagai French Opera House, di mana gaya bangunannya sengaja dibuat mirip dengan gedung Opera Garnier di Paris dengan pilar-pilar a la Yunani, namun dalam skala yang lebih kecil. Sampai saat ini gedung yang masih terawat baik ini  tetap dipergunakan untuk pertunjukan opera maupun pertunjukan kesenian berskala besar lainnya.


h. Ipa Nima

Lokasi: 59 G Hai Ba Trung (tel: 84-4-942.1872)

Di tempat ini dijual beberapa jenis barang ‘fashion’ khas Vietnam yang unik namun eksotik. Mungkin jika Anda seorang fashionista sejati, tidak ada salahnya melengkapi koleksi benda-benda fashion Anda dengan something made in Vietnam?

Untuk panduan lengkap dalam bahasa Indonesia wisata, traveling, jalan-jalan, liburan HEMAT ke Vietnam dan Cambodia (Siam Reap), Anda bisa baca selengkapnya di TravelHemat Vietnam (KLIK!).

Jika Anda memiliki akun Twitter, Google+ dan/atau Facebook, silakan share artikel ini kepada teman-teman Anda, siapa tahu mereka membutuhkannya…


8. Sa Pa

Terletak 38km dari Kota Lao Cai, Sapa adalah distrik pegunungan Provinsi Lao Cai.Kabupaten Sa Pa sangat terkenal dengan Sapa Townlet, sebuah resor indah dan romantis. Pada ketinggian 1600 m di atas permukaan laut, suhu rata-rata dari wilayah ini adalah 15-18oC. Hal ini sejuk di musim panas dan dingin di musim dingin.

Pengunjung Sapa di musim panas dapat merasakan iklim empat musim dalam satu hari. Pada pagi dan sore hari, itu adalah cuaca dingin seperti musim semi dan musim gugur. Pada siang hari, itu adalah sebagai cerah dan berawan seperti cuaca musim panas. Dan dingin di malam hari. Dengan tidak adanya peringatan dini dari badai dan hujan lebat pendek dapat datang di siang hari pada musim panas setiap hari. Selanjutnya, pelangi muncul, mengubah Sapa ke tanah ajaib, yang selama bertahun-tahun telah menjadi sumber konstan inspirasi puitis, lampu atas seluruh wilayah. Pengunjung ke Sapa akan memiliki kesempatan untuk menemukan kebiasaan unik penduduk setempat.


                      kot

                                                Video:

Travel ke Vietnam

halong bay 5 hari trip - rute map                                                                                   Trip map: ( click on photo to see larger photo)


                 
                                                                                            Photo di Kota Hochiminh